24 Juli 2024

MTsN 5 KEDIRI

Jl. Marabunta Balong Ringinrejo

PERINGATAN HUT RI KE 78 “500 SISWA MTs NEGERI 5 KEDIRI IKUT MEMERIAHKAN KARNAVAL DESA RINGINREJO”

2 min read

(Kab. Kediri: MTsN 5 Kediri) – Sebanyak 500 siswa MTs Negeri 5 Kediri diturunkan untuk ikut serta dalam memeriahkan karnaval Desa Ringinrejo. Kegiatan tersebut digelar pada hari Sabtu tanggal 19 Agustus 2023 mulai pukul 08.00 WIB.

Karnaval tahun ini mengambil tema “Moderasi Beragama Kuatkan Persatuan dalam Keberagaman”. Tema ini diangkat sebagai dukungan MTs Negeri 5 Kediri dalam mewujudkan Program Kementerian Agama RI dan sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang Moderasi Beragama.

Kostum peserta karnaval menyesuaikan tema tersebut yang terdiri dari barisan pakaian dari berbagai macam suku, ras, kostum yang menunjukkan identitas macam-macam agama dan etnis yang ada di Indonesia. Keberagaman kostum ini menunjukkan bahwa di Indonesia memiliki barbagai macam suku, ras, agama, serta golongan.

Barisan lainnya yaitu barisan  dengan kostum bermacam-macam profesi yang digeluti oleh masyarakat Indonesia. Barisan ini menunjukkan bahwa Moderasi beragama  bukan hanya dikontribusikan dalam perbedaan beragama, ras dan etnis saja tapi juga digunakan sebagai perekat kebangsaan yang mampu meneguhkan spirit kebersamaan di tengah fakta pluralitas keindonesiaan, baik aspek agama, suku, ras, budaya, bahasa, teritori, maupun lainnya, yang sekaligus menjadi landasan norma sosial.

Moderasi beragama menuntun kita untuk saling menghargai antar sesama manusia, terlepas dari jenis kelamin, agama, ras, suku dan golongan apapun. Penghargaan terhadap kemanusiaan didasarkan atas prestasi, bukan prestise seperti suku, agama, keturunan dan lain-lain.

Barisan lain yang ikut meramaikan karnaval tersebut adalah barisan macam-macam ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler ini menunjukkan identitas dan wajah MTs Negeri 5 Kediri. Berbagai prestasi dari tingkat Kabupaten hingga Internasional telah diukir oleh ekstrakurikuler – ekstrakurikuler tersebut.

Di sepanjang perjalanan  hampir semua ektrakurikuler mengadakan unjuk kebolehan. Baik ekstrakurikuler bidang olahraga maupun non olahraga.

Ektra tari dibawa komando Nurul Fatmawati berlenggak lenggok di jalan aspal dari Lapangan Ringinrejo hingga depan Masjid Ringinrejo. Mengenakan pakaian tari ala Banyuwangi kompak membawakan berbagai tari baik tradisional maupun modern.

Di tengah barisan karnaval bunyi genderang dan terompet pasukan drumband menggema. Di sepanjang perjalanan, mayoret dengan lincah memimpin agar tidak terjadi kesalahan selama memainkan musik.

Di sepanjang jalan tidak henti-hentinya penonton memberi tepuk tangan dan mengabadikannya baik berupa foto maupun video. Peristiwa-peristiwa yang terjadi sepanjang jalan selama kegiatan karnaval itu menunjukkan bahwa MTs Negeri 5 Kediri merupakan madrasah yang sangat dibanggakan oleh masyarakat sekitarnya. Oleh karena itu sebagai bentuk timbal baliknya, MTs Negeri 5 Kediri juga akan selalu menjadi yang terbaik untuk masyarakat. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Slot Gacor Hari Ini