22 April 2024

MTsN 5 KEDIRI

Jl. Marabunta Balong Ringinrejo

MENGANGKAT TEMA TENTANG BURUH NGARIT, ZAHRA DAN SHINTA MASUK 30 BESAR MYRES 2023

3 min read

(Kab. Kediri: MTsN 5 Kediri) – Ajang Madrasah Young Resarcher Supercamp (MYRES) kembali digelar sejak bulan Maret tahun 2023. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari gelaran Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023 tingkat Nasional yang diadakan Kementerian Agama (Kemenag).

Tim KIR MTsN 5 Kediri antusias menyambut kompetisi tersebut . Di bawah kepemimpinan Kepala Madrasah  Dra Fikrotul Azizah, M.Ag  dan koordinator Palastina, S.Pd pada tahun 2022 salah satu judul Tim KIR MTsN 5 berhasil masuk 26 besar MYRES. Tidak mau kalah dengan kakak tingkatnya, pada tahun ini (2023) penelitian yang dilakukan oleh Lailatus Zahra dan Shinta Aulia Putri berhasil menembus 30 besar MYRES pula. Mereka mengambil tema “Kesejahteraan Buruh Ngarit Rumput meningkat dengan adanya  Swalayan Kambing serta Mitra Peternakan”.  

Keberhasilan Tim Zahra dan Shinta masuk 30 besar memacu semangat mereka untuk melakukan penelitian lebih mendalam.  Mereka menerapkan metode observasi dan wawancara untuk menggali informasi dari pihak-pihak yang terkait. Penelitian dilakukan di Desa Kebonagung, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar. Berbagai persiapan dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat sesuai dengan tujuan penelitian. Yaitu  untuk mengetahui hubungan antara swalayan kambing dan mitra peternakan terhadap tingkat kesehteraan buruh ngarit rumput,. Dalam observasi ini Shinta dan Zahra didampingi oleh Evi Maria Dewi, S.Pd. selaku guru  pembimbing dan Palastina, S.Pd selaku Koordinator Tim KIR MTsN 5 Kediri.

Selama proses observasi, Shinta dan Zahra disambut dengan baik oleh pemilik swalayan kambing. Proses wawancara pun berlansung dengan lancar sehingga Shinta dan Zahra dapat melanjutkan pada proses observasi dan wawancara dengan buruh ngarit rumput. Setiba di lokasi, Zahra dan Shinta disambut senyuman ramah Bapak Gunawan,  buruh ngarit rumput yang menjadi salah satu nara sumber utama dalam penelitian Shinta dan Zahra. Berlangsung di tengah ladang, Shinta dan Zahra dapat mengamati secara langsung aktifitas buruh ngarit dalam memenuhi pakan rumput untuk mendapatkan data akurat. Bahkan di sela  istirahat pun dengan sabar dan ramah Bapak Gunawan masih menjawab pertanyaan Shinta dan Zahra dengan detail.  Bahkan beliau mengajak rekan buruh ngarit rumput lainnya untuk berbagi informasi dalam mendukung kelengkapan data penelitian mereka.

Banyak informasi dan  pembelajaran yang inspiratif dari hasil wawancara tersebut. Di antaranya adalah ketekunan dan semangat dalam bekerja. Para buruh ngarit tersebut tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan keluarga namun  juga dapat memberikan kemudahan dan kebermanfaatan kepada pihak swalayan kambing, mitra peternakan, dan masyarakat pada umunya.

Setelah  30 menit berbincang dengan buruh ngarit rumput, tim Zahra dan Shinta  akhirnya melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya. Sekitar 25 menit waktu yang dibutuhkan untuk bertemu dengan Pak Yani, Pak Nur, dan Pak Toni yang berprofesi sebagai mitra peternakan dengan swalayan kambing. Tidak hanya melakukan wawancara, tim Zahra dan Shinta diizinkan melakukan observasi dan berinteraksi secara langsung dengan hewan ternaknya yang jumlahnya sangat banyak.

 Semangat tim Shinta dan Zahra merupakan inspirasi bagi anggota KIR MTs.N 5 Kediri .untuk lebih mengembangkan diri khususnya budaya meneliti di kalangan siswa madrasah. Dengan mengikuti ajang kompetisi MYRES 2023 ini diharapkan bisa melahirkan ilmuwan di kalangan siswa menuju Madrasah Riset.   Keberhasilan ini tentu tak lepas dari dukungan Kepala MTsN 5 Kediri, Dra. Fikrotul Azizah, M.Ag. Beliau mendukung sepenuhnya kegiatan KIR MTsN 5 Kediri. Juga tidak lepas dari adanya kerjasama yang harmonis dari semua pihak terkait, baik dari Bapak dan Ibu guru pembimbing maupun dari tim IT. Tidak kalah pentingnya adalah dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak yang secara langsung menjadi obyek terkait dalam menggali, mengasah dan memfasilitasi potensi intelektual siswa madrasah, sekaligus mendorong pencapaian hasil penelitian mereka yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif. (Humas)

2 thoughts on “MENGANGKAT TEMA TENTANG BURUH NGARIT, ZAHRA DAN SHINTA MASUK 30 BESAR MYRES 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.
Slot Gacor Hari Ini