KOARMADA II GELAR VAKSINASI COVID 19 DI MTs NEGERI 5 KEDIRIDALAM RANGKA ULANG TAHUN KE 76 TNI ANGKATAN LAUT

Kab. Kediri (MTsN 5 Kediri) – Koarmada II bekerjasama dengan Pemkab Kediri mengadakan vaksinasi covid 19 kepada siswa MTs Negeri 5 Kediri pada hari Rabu – Kamis (15 – 16 : 09). Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati hari ulang tahun TNI Angkatan Laut yang ke 76. Sebagai pelaksana lapangan adalah Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Sambi Kecamatan Ringinrejo yang dipimpin oleh dr. Azis Samsurizal.

Sebanyak 720 sasaran yang divaksin terdiri dari siswa kelas VII, VIII, dan IX yang mendapatkan izin dari orang tua dan minimal berumur 12 tahun. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait dengan penyakit dan kondisi kesehatan siswa pada saat itu. Misalnya sedang mengalami gejala ISPA, menjalani pengobatan yang menyebabkan kelemahan sistem kekebalan tubuh, atau memiliki alergi terhadap kandungan vaksin tersebut. Vaksin dosis 1 ini menggunakan jenis sinovac.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan agar pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan dengan lancar adalah daftar siswa yang akan mengikuti vaksin sesuai format yang telah ditentukan dari puskesmas, mengisi kartu kendali dan kartu vaksin. Agar tidak menimbulkan kerumunan, maka vaksinasi dilakukan secara bertahap. Hari pertama dijadwalkan untuk kelas IX dan sebagian kelas VIII, sedang hari kedua dilanjutkan dengan kelas VIII sebagian yang lain dan kelas VII.

Kegiatan vaksinasi dibuka secara ceremonial oleh Camat Ringinrejo, H. Ahmad Wito Subagyo, SH, M.Si. Dalam sambutannya Camat Ringinrejo mengatakan bahwa, sasaran vaksinasi difokuskan kepada pelajar karena untuk memenuhi syarat dalam melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Oleh karena itu pada saatnya nanti semua siswa harus mendapatkan vaksin covid 19 tersebut.

Alur kegiatan vaksinasi dimulai dari penyerahan kartu vaksin yang dilampiri dengan kartu kendali dan kartu keluarga oleh petugas. Dilanjutkan dengan screening oleh tenaga kesehatan Puskesmas Sambi. Kemudian peserta akan divaksin. Petugas vaksin dilakukan langsung oleh dr. Azis Samsurizal dibantu oleh seorang bidan, Srinatin. Alur terakhir adalah penyerahan kembali kartu vaksin, kartu kendali, dan kartu keluarga kepada petugas pencatat.

Pelaksanaan vaksinasi ini bukanlah tidak ada kendala. Kendala yang sering ditemui di lapangan berupa ketidakvalidan kartu keluarga, sehingga petugas verifikasi harus melakukan verifikasi ulang agar peserta dapat melakukan vaksin. Bagi peserta kelas VII kendala yang lain berupa umur yang masih kurang dari 12 tahun. Sehingga tidak masuk pada target vaksinasi.

Alhamdulillah sasaran vaksin yang seharusnya 720 siswa, karena banyaknya peminat baik dari kemauan siswa sendiri maupun dari orang tua hingga mencapai 761 siswa. Akibatnya kekurangan vaksin disuplai dari Puskesmas. Dari keseluruhan jumlah siswa MTs Negeri 5 Kediri yaitu 1219 siswa yang belum vaksin sebanyak 458 siswa. Semoga tidak sampai akhir tahun 2021 ini, semua siswa sudah mendapatkan vaksin seluruhnya.(Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *